Minggu, 07 Mei 2017

10 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh. Buah nanas merupakan salah satu jenis buah tropis yang banyak dijadikan sebagai bahan utama berbagai macam kuliner, seperti rujak, asinan, atau sebagai pelengkap pada resep masakan lainnya.

10 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Nanas dipilih banyak orang sebenarnya bukan hanya rasanya saja yang memikat, akan tetapi juga manfaatnya yang begitu banyak bagi kesehatan tubuh. Bahkan merupakan suatu keberuntungan bagi siapapun yang sedang menjalankan program diet. Karena buah nanas juga dapat membantu melancarkan program diet yang dijalani. Kandungan zat penting dalam buah nanas membuat buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Berbicara tentang manfaat buah nanas, memang tidak lepas dari adanya kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya. Semua kandungan itulah yang nantinya akan membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Apa saja kandungan yang terdapat di dalamnya?

Kandungan Buah Nanas

  • Vitamin A, B, B1, B6, dan C.
  • Enzim proteolitik bromelain (membantu memecah protein).
  • Mineral seperti mangan, kalsium, kalium, dan zat besi.
  • Serat (melancarkan pencernaan).

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Dari banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah nanas, tentunya kita akan mendapatkan banyak manfaat jika mengkonsumsinya secara rutin. Apa saja manfaatnya? Berikut ini sepuluh manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh:

1. Membantu melancarkan pencernaan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa buah nanas kaya akan kandungan seratnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, khususnya bagi sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah nanas secara rutin akan dapat membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan dengan lebih baik. Buah nanas juga mengandung sejumlah besar bromelain yang dapat membantu memecah protein yang juga dapat membantu sistem pencernaan.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Buah nanas mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sehingga tubuh akan menjadi lebih kuat dan kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit. Selain itu, kandungan asam amino di dalamnya juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menjaga ketersediaan energi tubuh agar tidak mudah merasa lelah dan kelelahan.

3. Mencegah degenerasi makula

Degenerasi makula adalah penyakit dimana seseorang dewasa mengalami kehilangan penglihatannya. Gangguan inilah yang membuat seseorang sulit membaca dan mengenali sesuatu dengan benar. Kandungan zat beta karoten yang terdapat dalam buah nanas akan dapat membantu mencegah datangnya penyakit mata seperti degenerasi makula. Konsumsilah secara rutin.

4. Mencegah hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang bisa menyebabkan berbagai macam masalah. Untuk menstabilkan kembali tekanan darah dalam tubuh, maka perlu mengkonsumsi makanan berkalium seperti buah nanas. Nanas memiliki kandungan kalium juga rendah sodium akan dapat membantu menjaga tingkat tekanan darah menjadi normal kembali.

5. Menguatkan tulang

Untuk meningkatkan kesehatan tulang, sebenarnya tidak hanya dengan mengkonsumsi susu saja. Buah nanas juga memiliki manfaat yang dapat membantu menguatkan dan menyehatkan tulang. Kandungan zat mangan yang melimpah dalam buah nanas mampu membantu memperkuat tulang dengan baik. Berdasarkan study, menunjukkan bahwa nanas bersama dengan kandungan mineral lainnya dapat membantu mencegah osteoporosis pada wanita pasca manopause.

6. Meredakan rasa mual pada perut

Rasa mual memang tidak nyaman. Untuk meredakannya, anda bisa memanfaatkan buah nanas sebagai obat alami. Buah nanas memiliki kandungan alami yang dapat mengatasi morni sickness. Hal ini tentu sangat berguna bagi para ibu-ibu yang sedang hamil yang biasanya mengalami mual. Selain itu juga dapat membantu orang yang sedang dalam perjalanan, yang sering mengalami mabuk perjalanan.

7. Mencegah berkembangnya sel kanker

Kanker memang penyakit yang mematikan. Oleh sebab itu kita perlu untuk waspada. Anda bisa mencegahnya dari sekarang dengan rutin mengkonsumsi buah nanas. Seperti halnya manfaat buah apel, kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya diketahui sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, kandungan beta karoten pada buah nanas juga bermanfaat sebagai pelindung tubuh terhadap penyakit kanker prostat dan kanker usus besar.

8. Mencegah penyakit asma

Seperti halnya manfaat buah mangga. Buah nanas juga dapat anda manfaatkan untuk mencegah terjadinya penyakit asma. Hal ini didasarkan pada kandungan beta karoten yang baik untuk kesehatan tubuh. Yang dimana di tengah proses pencernaan, beta karoten akan diubah menjadi vitamin  A. Beta karoten inilah yang diduga dapat membantu meredakan risiko perkembangan penyakit asma.

9. Baik untuk penderita penyakit jantung

Bagi penderita penyakit jantung bisa memanfaatkan buah nanas sebagai obat alami secara perlahan. Kandungan serat, vitamin C, dan kalium dalam buah nanas mampu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung iskemik. Kandungan kalium pada nanas juga diduga dapat menurunkan risiko terjadinya stroke. Maka konsumsilah secara rutin agar kesehatan jantung terjaga dan terhindar dari penyakit stroke.

10. Bermanfaat bagi penderita diabetes

Kandungan serat dalam buah nanas dihubungan dengan kadar gula darah yang rendah pada diabetes tipe 1. Sedangan pada diabetes tipe 2, nanas sebenarnya tidak hanya memperbaiki kadar gula darah saja, akan tetapi juga memperbaiki kadar insulin dan lemak darah dalam tubuh. Maka konsumsilah buah nanas secara rutin agar terhindar dari risiko parahnya diabetes.

Itulah sepuluh manfaat buah nanas untuk kesehatan. Semoga bermanfaat dan semoga bisa meningkatkan kita untuk lebih rutin mengkonsumsi buah-buahan seperti nanas, agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Terima kasih telah membaca.

0 komentar

Posting Komentar