Minggu, 07 Mei 2017

10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh. Buah mangga merupakan salah satu buah yang sudah terkenal akan manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Jadi bukan hanya rasanya saja yang membuat buah mangga dikenal banyak orang, tapi juga manfaatnya. Bahkan dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah mangga mampu mencegah serta mengobati beberapa jenis penyakit.

10 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh

Memang buah mangga merupakan buah yang telah dinobatkan sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Hal ini karena rasanya yang menarik dan juga manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Semua ini tak lepas dari kandungan zat penting, yaitu zat gizi dan nutrisi yang ada di dalamnya yang berperan sangat penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.

Berbicara tentang buah mangga, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah mangga secara rutin. Salah satunya adalah menurunnya risiko degenerasi makula, penurunan kanker usus besar, dan masih banyak lagi. Lantas, apa saja kandungan zat penting yang terdapat di dalamnya?

Kandungan Buah Mangga

  • Air
  • Vitamin A, B1, B2, dan C.
  • Mineral seperti fosfor, kapur, besi.
  • Serat
  • Protein
  • Asam nicotinat

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

Dari semua kandungan yang ada dalam buah mangga, akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin, anda akan mendapatkan banyak manfaat buah mangga seperti berikut ini:

1. Baik untuk kesehatan mata

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Indra penglihatan ini dibutuhkan tubuh untuk melihat benda di sekitar. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah mangga ini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Bahkan mengkonsumsi secara rutin dapat membantu mencegah penyakit mata seperti rabun senja, mata kekeringan, dan mata gatal.

2. Menjaga kadar kolesterol tubuh

Kandungan vitamin C, pektin, dan serat yang tinggi dalam buah mangga ini sangatlah penting untuk menjaga kadar kolesterol tubuh. Bahkan bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi bisa diturunkan dengan mudah hanya dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin. Mangga segar merupakan sumber kalium yang juga merupakan komponen penting sel dan cairan yang dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dalam tubuh.

3. Melancarkan pencernaan tubuh

Mangga memiliki kandungan enzim yang dapat membantu menghancurkan lemak dan protein dari makanan yang telah kita makan. Lalu kandungan serat yang terdapat dalam buah mangga tersebut akan membantu dalam melancarkan sistem pencernaan. Sehingga proses pembuangan sisa-sisa pencernaan bisa menjadi lebih lancar.

4. Menyehatkan tulang

Tidak hanya susu saja yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tulang, buah mangga pun bisa anda manfaatkan untuk kesehatan tulang anda. Namun kandungan vitamin K yang rendah dalam buah mangga ini sering dikaitkan dengan peningkatan risiko terjadinya patah tulang. Agar mendapatkan hasil maksimal, konsumsilah juga buah-buahan dan sayuran yang penting untuk penyerapan kalsium, termasuk buah mangga.

5. Mengurangi risiko diabetes

Buah mangga memiliki indeks glekemik yang rendah yaitu 41-60, sehingga apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Anda juga bisa mengkonsumsi daun mangga yang juga dapat mencegah diabetes. Bagi anda yang memiliki masalah dengan diabetes, konsumsilah daun mangga dengan merebus 5-6 daun mangga, rendam sepanjang malam, dan minumlah setelah disaring di pagi hari. Dengan minum ramuan ini akan membantu mengatur kadar insulin dalam tubuh.

6. Mencegah terjadinya degenerasi makula

Kandungan zat antioksidan zeaxanthin yang terdapat dalam buah mangga dapat berperan penting dalam kesehatan mata, dan mungkin mampu menangkal kerusakan dari degenerasi makula. Mengkonsumsi buah mangga secara rutin setiap harinya akan dapat membantu menurunkan risiko degenerasi maluk terkait dengan usia seseorang.

7. Mencegah penyakit jantung

Jantung adalah salah satu bagian organ tubuh yang sangat penting. Untuk itu, kita perlu menjaga kesehatannya dengan baik. Salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah mangga secara rutin. Seperti halnya manfaat buah nanas yang dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan serat, kalium, dan vitamin yang terdapat dalam buah mangga mampu menangkal penyakit jantung. Sangat penting bagi seseorang untuk meningkatkan asupan kalium yang disertai dengan penurunan asupan natrium, perubahan pola makan seperti ini akan mampu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

8. Mencegah penyakit kanker

Seperti halnya manfaat buah apel, buah mangga juga dapat membantu mencegah penyakit kanker. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa buah mangga memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari kanker usus besar, pay*dara, leukimia, dan kanker prostat. Kandungan senyawa tersebut antara lain termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah lainnya.

9. Baik untuk wanita hamil dan manopause

Kandungan zat besi yang terdapat dalam buah mangga sangat baik untuk kesehatan ibu yang sedang hamil atau wanita yang manopause. Karena dengan mengkonsumsi mangga secara rutin akan mampu meningkatkan kadar zat besi serta kalsium dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, buah mangga ini juga sangat baik bagi wanita yang sedang menderita anemia. Konsumsilah secara rutin.

10. Mencegah penyakit asma

Berdasarkan penelitian yang ada, bahwa buah mangga mampu mempengaruhi perkembangan penyakit asma menjadi lebih rendah dari sebelumnya. Hal ini karena adanya kandungan zat penting dalam buah mangga seperti beta karoten. Dengan mengkonsumsi buah mangga secara teratur akan membantu mencegah penyakit asma. 

Itulah sepuluh manfaat buah mangga untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bisa bermanfaat dan bisa meningkatkan keinginan kita untuk lebih rutin mengkonsumsi buah mangga. Terima kasih sudah berkunjung.

0 komentar

Posting Komentar