Rabu, 10 Mei 2017

10 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat buah pepaya untuk kesehatan. Buah pepaya merupakan salah satu buah yang memang sudah tidak diragukan lagi akan manfaatnya. Ya, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa buah pepaya sangat bermanfaat dalam dunia kesehatan maupun kecantikan. Jadi, tidak heran jika banyak orang yang memanfaatkan buah pepaya untuk berbagai kebutuhan.

10 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan
10 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Berbicara tentang buah pepaya, buah ini sangat nikmat untuk dikonsumsi dalam bentuk apapun, baik itu secara langsung, dijadikan jus, maupun dijadikan campuran kuliner tertentu. Banyak orang menyuka buah pepaya bukan hanya karena rasanya saja, akan tetapi juga karena kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya yang membuat buah ini sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah pepaya bisa memiliki manfaat yang sangat melimpah, hal ini karena adanya kandungan zat-zat penting di dalamnya. Ya, kandungan zat gizi dan nutrisi penting di dalamnya sangat berperan penting dalam dunia kesehatan. Apa saja kandungan yang terdapat dalam buah pepaya?

Kandungan Buah Pepaya

  • Vitamin A, B, E, dan K.
  • Mineral seperti kalsium, kalium, dan magnesium.
  • Folat
  • Tembaga
  • Asam Pantotenat
  • Fiber3
  • Alfa
  • Beta karoten
  • Lutein
  • Zexanthan
  • Lycopene.

Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Dari banyaknya kandungan zat gizi dan nutrisi dalam buah pepaya, membuat buah yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaatnya yaitu meningkatkan kekuatan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, berikut ini beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa buah pepaya mampu meningkakan kekuatan tubuh kita, yaitu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin, maka tubuh kita akan lebih kuat dan lebih kebal melawan berbagai macam penyakit. Hal ini karena adanya senyawa beta karoten pada buah pepaya yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh akan terasa lebih kuat dan terhindar dari gangguan infeksi, pileg, flu, dan demam.

2. Menyehatkan tulang

Buah pepaya juga mengandung kalsium dan vitamin K, yang tentunya sangat berguna untuk menyehatkan tulang. Maka konsumsilah buah pepaya secara rutin, hal ini sangat penting. Karena kandungan dalam buah pepaya mampu melakukan tindakan dalam mengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan juga mengurangi ekskresi-ekskresi kalsium.

3. Baik untuk penderita diabetes

Bagi anda yang memiliki masalah dengan diabetes, anda juga bisa memanfaatkan buah pepaya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, bahwa penderita diabetes tipe 1 mengkonsumsi tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan penderita diabetes tipe 2 mungkin meningkatkan gula darah, lipid, dan insulin. Dengan mengkonsumsi 1 buah pepaya, akan terpenuhi kebutuhan serat sekitar 4,7 gram.

4. Baik untuk pencernaan

Seperti halnya manfaat buah sirsak. Buah pepaya juga sangat baik untuk sistem pencernaan. Jika anda memiliki masalah pencernaan seperti susah BAB, konsumsilah buah pepaya secara rutin agar BAB bisa segera lancar. Buah pepaya mengandung enzim papain yang berguna membantu sistem pencernaan. Pepaya juga mengandung serat dan air yang tinggi. Tentu hal ini sangat baik untuk mencegah gangguan pencernan seperti sembelit dan lainnya. Mengkonsumsi buah pepaya teratur, akan membantu menjaga pencernaan tetap sehat.

5. Mencegah penyakit asma

Tidak hanya manfaat buah mangga saja yang dapat membantu mencegah penyakit asma. Buah pepaya pun sangat baik dalam mencegah penyakit tersebut. Risiko perkembangan penyakit asma akan menjadi lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi sejumlah nutrisi tertentu, salah satunya yaitu nutrisi beta karoten yang juga terdapat dalam buah pepaya. Maka, konsumsilah buah pepaya secara rutin agar terhindar dari penyakit asma.

6. Mencegah penyakit jantung

Kesehatan jantung sangatlah penting untuk kita perhatikan. Agar jantung tetap terjaga kesehatannya, mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung serat, kalium, dan vitamin sangatlah penting agar jantung tetap sehat. Semua kandungan tersrbut bisa anda dapatkan pada buah pepaya. Dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin akan membantu menghindarkan tubuh anda dari risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini karena enzim dalam pepaya yang mampu mencegah oksidasi kolesterol dan mencegah gejala penyakit jantung. Untuk mencegah penyakit jantung, anda juga dapat memanfaatkan buah apel yang juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

7. Sebagai anti inflamasi

Buah pepaya juga bisa dijadikan sebagai anti inflamasi bagi tubuh kita. Ya, buah pepaya sangat bermanfaat bagi penderita arthritis, osteoporosis, dan edama, karena dapat menghilangkan rasa sakit. Hal ini karena adanya enzim anti inflamasi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, anzim anti inflamasi dalam buah pepaya juga dapat membantu mencegah penyakit kanker yang mematikan.

8. Mempercepat penyembuhan luka

Anda juga bisa memanfaatkan buah pepaya dengan cara topikal yaitu dengan menumbuk buahnya. Dengan begitu akan bisa dimanfaakan untuk penyembuhan luka dan infeksi pada daerah kulit yang terbakar. Berdasarkan penjelasan para peneliti, bahwa kandungan enzim proteolitik chymopapain dan papain dalam buah pepaya dapat berfung sebagai salep alami untuk kulit yang terluka. Anda juga bisa menggunakan salep yang mengandung enzim papain ini untuk mengobati ulkus dekubitus atau luka baring.

9. Mencegah degenerasi makula

Buah pepaya memiliki kandungan senyawa eaxanthin antioksidan yang berfungsi menyaring sinar biru berbahaya yang diperkirakan akan berperan protektif dalam kesehatan mata untuk menangkal kerusakan degenerasi. Maka, konsumsilah buah pepaya secara rutin, kandungan di dalamnya mampu mencegah penyakit degenerasi makula pada mata.

10. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan yang berlebih, anda bisa memanfaatkan buah pepaya. Kandungan enzim pada buah pepaya memberikan pengaruh dampak pada protein, karbohidrat, dan lemak pada tubuh. Mengkonsumsi buah pepaya akan membantu sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan pembakaran lemak menjadi energi pun bisa berjalan dengan lebih baik.

Itulah sepuluh manfaat buah pepaya untuk kesehatan tubuh. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih telah berkunjung dan membaca.

0 komentar

Posting Komentar